RSUD Tangerang Gelar Vaksinasi Semarak Kemerdekaan

Tangerang – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Tangerang Provinsi Banten menggelar Semarak Vaksinasi COVID-19 Kemerdekaan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-76 Republik Indonesia.

Direktur RSUD Kabupaten Tangerang, Naniek Isnaini Lestari di Tangerang, Selasa, mengatakan bahwa dengan gagasan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang untuk melaksanakan vaksinasi secara serentak ini diharapkan dapat memacu masyarakat agar semangat mengikuti vaksin guna mencapai kekebalan kelompok pada Hari Kemerdekaan RI.

“Sesuai instruksi dari Pemkab Tangerang untuk mengelar vaksinasi serentak pada HUT RI ini, dengan sasaran masyarakat umum yang belum mendapat vaksinasj COVID-19,” katanya.

Ia menuturkan pada momentum yang bertepatan di Hari Kemerdekaan ini semua elemen masyarakat bisa bersama-sama untuk semangat menghadapi pandemi COVID-19.

“Yang jelas vaksinasi ini hanya untuk masyarakat umum Kabupaten Tangerang dengan sasaran remaja, masyarakat umum dan ibu hamil dengan sesuai arahan dari dokter,” ujarnya.

Ia menjelaskan dalam Vaksinasi Kemerdekaan ini juga melibatkan beberapa organisasi kesehatan untuk ikut membantu mencapai sasaran yang sudah ditentukan.

“Untuk Vaksinasi Kemerdekaan ini kita memakai jenis vaksin Moderna, dengan target sasaran sebanyak 670 orang,” jelasnya.

Ia menambahkan bahwa gelaran vaksinasi tersebut tak hanya dilaksanakan pada hari kemerdekaan saja. Akan tetapi, pihaknya juga secara rutin melakukan vaksin pada hari Senin sampai Jumat dengan sasaran booster tenaga kesehatan dan masyarakat umum pada penyuntikan tahapan kedua.

“Kalau vaksin kemerdekaan ini hanya digelar dalam sehari saja, khusus pada 17 Agustus,” ungkapnya.

Sementara itu, peserta vaksinasi dari kelompok lanjut usia, Warida (70) mengaku dirinya mengikuti Vaksinasi Kemerdekaan agar terbebas dari virus corona.

“Alasan mengikuti vaksin ini agar terhindar dari virus COVID-19. Dan sebetulnya saya sudah jauh-jauh hari ingin divaksin tapi baru hari ini bisa divaksin,” katanya.

Ia mengaku dirinya ingin tetap berkontribusi untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam melawan pandemi seperti saat ini, salah satunya dengan ikut menyukseskan vaksinasi.

“Mudah-mudahan setelah di vaksin saya sehat terus dan pandemi cepat berakhir,” kata dia. (Ant)