Tiga Rumah Di Kecamatan Cibeber, Lebak, Terdampak Longsor

Lebak – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak mencatat tiga rumah warga terdampak bencana longsor di Kecamatan Cibeber akibat hujan deras sepanjang Jumat (10/4), namun beruntung tidak menimbulkan korban jiwa.

“Tiga rumah warga yang terdampak longsor itu di Kecamatan Cibeber,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lebak Kaprawi di Lebak, Sabtu.

Ia menjelaskan, ketiga rumah warga yang terdampak longsor itu antara lain milik Dede Hermawan, Daman dan Iden warga Kadu Bongkok Kecamatan Cibeber.

Menurut dia, peringatan kewaspadaan banjir dan tanah longsor sudah disampaikan kepada aparat kecamatan dan desa yang masuk kategori rawan bencana alam sehubungan curah hujan meningkat.

Menurut dia, BPBD Lebak sudah menyalurkan bantuan bagi warga yang terdampak bencana longsor berupa kebutuhan sandang dan pangan.

Penyaluran bantuan itu, kata dia, untuk meringankan beban ekonomi mereka yang terkena musibah bencana alam.

Namun, pihaknya menyarankan kepada warga agar tidak tinggal di lokasi rawan longsor tersebut, mengingat cuaca ekstrem masih berpeluang satu pekan ke depan.

“Kami berharap warga agar mengungsi ke tempat yang aman untuk mengurangi risiko kebencanaan sehingga tidak menimbulkan korban jiwa,” katanya.

Kaprawi mengatakan, pihaknya kini menyiapkan peralatan evakuasi guna menyelamatkan masyarakat jika sewaktu-waktu terjadi bencana banjir dan longsor.

Peralatan evakuasi itu di antaranya perahu karet, pakaian pelampung, genzet, gas,kendaraan operasional dan alat berat juga tenda, persediaan logistik dan obat-obatan agar tidak menimbulkan kerawanan pangan dan serangan penyakit.

“Kami di Posko Utama di Kantor BPBD selama 24 jam selalu siaga dengan piket bergantian petugas kebencanaan dan relawan sebanyak 20 orang,” katanya.(Ant)