Platform Halodoc Hadirkan Layanan Tes Swab Antigen Pertama di Indonesia

Halodoc
Halodoc / Foto : www.Google.com

Sahabat Rakyat Banten –  Halodoc menjadi platform Healtech pertama yang menghadirkan layanan tes swab antigen di indonesia, hal ini dilakukan guna memperluas akses tes COVID-19 secara mandiri dan juga membantu pemerintah memperluas tes Swab antigen.

Tes Swab Antigen ini dilakukan dengan mengambil sampel dari cairan nasofaring dengan teknik swab untuk mendeteksi keberadaan antigen virus tertentu dengan hasil diagnosis yang cepat. Dan untuk saat ini hanya tersedia di wilayah Jakarta dan Surabaya.

Adapun menurut penjelasan dari Chief Business Officer dan Cofounder Halodoc, Doddy Lukito mengatakan peluncuran inovasi terbaru ini sangat bermanfaat bagi masyarakat luas, agar bisa melakukan tes Swab secara mandiri dan mempercepat penanganan Covid-19 di Indonesia.

“Akses bagi masyarakat untuk mendapatkan tes yang akurat dengan lebih cepat dan terjangkau menjadi salah satu strategi untuk mempercepat penanganan COVID-19 di Indonesia,” kata Doddy, Jumat (06/11/20).

Adapun tes Swab Antigen melalui Halodoc dapat diakses melalui layanan drive thru maupun membuat janji di mitra fasilitas kesehatan.

“Hal inilah yang melandasi Halodoc untuk terus memperluas layanan tes COVID-19, dalam hal ini Tes Swab Antigen, dan menjalin kemitraan dengan berbagai pelaku industri yang menyediakan akses ke layanan tes terbaru ini,” tambah Doddy.

Adapun Tes Swab Antigen di fasilitas drive thru Halodoc tersedia mulai dari Rp299 ribu. Menggunakan produk Panbio dari Abbott, tes rapid antigen ini memiliki tingkat sensitivitas 91.4% & spesifisitas 99.8% (khusus untuk virus COVID-19) dengan hasil yang bisa didapat dalam waktu hanya 60 menit.

Dengan Tetap mematuhi protokol kesehatan, seluruh petugas kesehatan yang bertugas di fasilitas drive thru Halodoc juga menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap, seperti masker, face shield, baju hazmat, dan sarung tangan karet yang diganti setiap setelah melakukan tes.

Selain menyediakan akses ke Tes Swab Antigen, Halodoc juga akan terus memperluas akses ke tes COVID-19, termasuk Rapid Test dan Tes PCR, yang telah dilaksanakan sejak awal pandemi mulai meluas.

Tercatat Selama Pandemi berlangsung hingga September 2020, lebih dari 300 ribu tes COVID-19 telah difasilitasi oleh Halodoc bersama lebih dari 500 mitra klinik dan rumah sakit di 100 kota di Indonesia. (IR)