Pemerintah Tangerang Melakukan Pembangunan Jaringan Pipa Air Bersih Sepanjang 8 Kilometer

Tangerang – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, Banten melalui Perusahaan Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Kerta Raharja terus melakukan ekspansi pelayanan air bersih di daerah itu dengan melakukan pembangunan pipa saluran air sepanjang 8 kilometer di wilayah Kecamatan Kelapa Dua, Curug dan Legok.

“Sekitar 40 ribu pelanggan di wilayah Kecamatan Kelapadua, Curug dan Legok akan teraliri air bersih PDAM,” ucap Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar di Tangerang, Rabu.

Ia menuturkan, pipanisasi atau pemasangan jaringan pipa sepanjang 8 kilometer tersebut dilakukan untuk peningkatan pelayanan distribusi air bersih bagi masyarakat sekitar yang ada di Kabupaten Tangerang.

Selain itu, lanjutnya, dalam pembangunan pipanisasi itu juga pihaknya akan membangun tandon atau pengolahan air hujan dengan luas tampungan sebesar 40 kubik guna mengantisipasi terjadinya banjir di wilayah tersebut.

“Nantinya dibangun juga tandon air di kawasan Sport Center, Kelapa Dua, yang akan mengantisipasi banjir di kawasan itu. Sekurangnya bisa menampung 40 kubik air dan diolah kembali,” katanya.

Sementara itu, Dewan Pengawas Perumdam TKR Kabupaten Tangerang, Moch Maesyal Rasyid menambahkan Perumdam TKR akan melakukan sambungan pipa menuju kawasan Kelapa Dua, Curug dan Legok yang nantinya mengaliri air bersih kepada 40 ribu pelanggan dan secara bertahap 20 ribu pelanggan kita pastikan sudah mengalir ke rumah-rumah di 3 kawasan tersebut.

“Mudah-mudahan di awal tahun 2022 nanti sudah mengalir sambungan air bersih di empat perumahan seperti Dasana Indah, Sari Bumi Raya, Binong Permai dan Medang Lestari,” ujarnya.

Sementara, Direktur Utama Perumdam TKR, Sofyan Sapar mengatakan pemasangan pipa air tersebut sebelumnya sudah direncanakan dalam program RPJMD.

Dalam program tersebut, ditujukan untuk mencapai cakupan layanan air bersih sebanyak 60 persen di wilayah Kabupaten Tangerang bisa terpenuhi.

“Sudah beberapa tahun belum mendapatkan layanan air bersih oleh karenanya diprioritaskan realisasinya secepat mungkin,” katanya.

Ia mengungkapkan, selain program pembangunan pipanisasi untuk memberikan pelayanan, Perumdam TKR Kabupaten Tangerang juga mengeluarkan program promo terkait pemasangan sambungan langsung.

“Ada program promo dari Perumdam TKR terkait pemasangan sambungan langsung, mendukung kepedulian Pemkab Tangerang dalam memberikan layanan air bersih,” tutur Sofyan.(Ant)