Merapi Siaga, Warga di Kawasan Rawan Bencana Mulai di Evakuasi

Merapi
Evakuasi Warga / Foto : Kompas.com

Sahabat Rakyat Banten – Warga di Kawasan Rawan Bencana (KRB) mulai dievakuasi seiring Meningkatnya status Gunung Merapi menjadi Siaga (level III). Warga dievakuasi ke desa penyangga masing-masing (sister village), Jumat (6/11/2020).

Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi mengatakan, evakuasi ini merupakan langkah antisipasi untuk meminimalisir korban jiwa saat terjadi kritis erupsi.

“Warga dievakuasi ke desa-desa penyangga yang telah ditentukan, mulai hari ini,” ungkap Nanda, dalam jumpa pers di Ruang Command Center komplek kantor Pemkab Magelang, Jumat (6/11/2020).

BPPTKG merekomendasikan 9 dusun yang wilayahnya paling dekat dengan puncak Gunung Merapi agar segera dievakuasi. Sembilan dusun itu meliputi Dusun Batu Ngisor, Gemer, Ngandong dan Karanganyar di Desa Ngargomulyo. Dusun Trayem, Pugeran dan Trono di Desa Krinjing. Serta dusun Babadan I dan Babadan II di Desa Paten.

Penduduk akan dievakuasi secara bertahap dengan memprioritaskan kelompok rentan, yakni lansia, ibu hamil, anak-anak, dan orang sakit. (MN)