Libur Panjang Akhir Oktober, Mendagri; Yang Daerahnya Merah Tidak Berlibur

Tito Karnavian
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian / Foto : ANTARA FOTO (Akbar Nugroho Gumay)

Sahabat Rakyat Banten – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta agar masyarakat di zona merah tidak melakukan kegiatan di luar kota, karena potensi penyebaran Covid-19 klaster keluarga lebih besar.

“Bagi rekan-rekan, Bapak Ibu yang daerahnya merah, daerahnya rawan penularan, kalau memang bisa tidak pulang, dan tidak berlibur, lebih baik mungkin mengisi waktu di tempat masing-masing,” ucap Tito setelah rapat bersama Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (19/10/2020).

Untuk menekan lonjakan pengunjung di objek wisata, Tito mengungkapkan pihaknya bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) akan menerapkan sejumlah aturan guna meminimalisir kerumunan.

“Kami akan sampaikan kepada seluruh daerah dan Forkopimda agar mengidentifikasi daerah-daerah tempat liburan dan kira-kira berapa kapasitas diatur. Ini masih ada waktu 4-5 hari. Diatur dengan pengelola itu supaya tidak terjadi kerumunan,” ungkap Tito.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah meminta jajarannya waspada dengan libur panjang akhir Oktober. Berdasarkan pengalaman, libur panjang banyak memunculkan kasus Covid-19.

“Mengingat kita memiliki pengalaman kemarin, libur panjang yang pada satu setengah bulan yang lalu mungkin, setelah itu terjadi kenaikan yang agak tinggi,” kata Jokowi saat membuka rapat terbatas di Istana Merdeka. (MN)