Joe Biden Masih Unggul Suara Elektoral Dalam Pilpres AS 2020

Pilpres AS
Perolehan Suara di Pilpres AS / Foto : AFP

Sahabat Rakyat Banten –  Joe Biden masih memimpin peroleh suara elektoral di Amerika Serikat hingga Sabtu (7/11/2020) pukul 14.30 WIB. Berdasarkan perhitungan Associated Press, Biden unggul 264 suara elektoral, sementara Trump dengan 215 suara.

Suara elektoral merupakan penentu kemenangan Pilpres AS yang didapat dari jumlah suara setiap negara bagian. Dari 50 negara bagian, total suara seluruhnya adalah 538. Untuk memenangkan Pilpres, calon presiden harus memenangkan setidaknya 270 suara elektoral.

Berdasarkan data Associated Press, Biden hanya membutuhkan 6 suara tambahan untuk bisa melenggang di Gedung Putih.

Dalam pidatonya, Jumat (6/11/2020) malam waktu Amerika Serikat, Joe Biden optimis bahwa ia dan Kamala Harris berada di jalur kemenangan. Ia meminta agar pendukungnya bersabar menanti hasil.

“Saya tahu menonton perhitungan suara ini bisa sangat lamban. Tapi angka-angka itu mewakili pemilih, dan suaranya harus di dengar.” ungkap Biden.

Pada pemilu kali ini, hampir 160 juta warga AS memberikan suaranya. Ini merupakan jumlah tertinggi dalam 120 tahun terakhir. Hal ini diungkapkan oleh situs data pemilu US Elections Project. (MN)