Google Meluncurkan Fitur Baru “Bersenandung” Untuk Search Lagu

Sahabat Rakyat Banten –

Logo Google / Foto : google.co.id

Google meluncurkan fitur pencarian baru pada Kamis (15/10). Fitur baru itu, memungkinkan pengguna mencari lagu hanya bersenandung dalam beberapa bar.

“Di Search On, kami mengumumkan sekarang Google bisa membantu Anda mencari tahu, tidak perlu lirik, nama penyanyi atau nada yang sempurna,” kata Manajer Produk Senior Google Search, Krishna Kumar.

Pengguna bisa membuka aplikasi Google Search perkakas ikon mikrofon pencarian. Setelah itu, ucapkan “lagu apa ini” atau ketuk “, cari sebuah lagu untuk memakai fitur ini. Selama 10 hingga 15 detik pengguna bisa bersenandung seperti “lalala” atau “dududu”. Fitur bersenandung saat ini baru tersedia dalam bahasa Inggris untuk sistem operasi iOS dan 20 di Android.

Google sudah membuat mesin mereka agar bisa menguasai sumber suara, termasuk nyanyian manusia, senandung, siulan dan rekaman di studio. Machine learning tersebut juga memperhitungkan komponen pendukung, seperti instrumen musik, nada dan warna nada.

Mesin akan membandingkan rangkaian angka tersebut dengan berbagai lagu, kemudian, menunjukkan hasil yang sesuai atau berakhir sesuai dengan senandung tersebut.

Fitur ini membantu pengguna yang kerap kali hanya mengingat potongan lirik maupun nada lagu di kepala. Tetapi, lupa akan judul atau keseluruhan lagu tersebut.

Wakil Presiden Google, Aparna Chennapragada, meyakini fitur baru itu akan banyak diminati. Sebab, orang-orang bertanya kepada Google terkait lagu apa yang sedang diputar hampir 100 juta kali setiap bulannya sebelum fitur itu diluncurkan. (kml)