Diskomsantik Pandeglang Lakukan Kunjungan ke Kabupaten Serang Untuk Belajar SPBE

Serang, Banten – Jajaran Dinas Komunikasi Informatika, Sandi dan Statistik (Diskomsantik) Kabupaten Pandeglang mengunjungi Diskominfosatik Kabupaten Serang untuk belajar terkait penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik atau SPBE.

Rombongan Diskomsantik Kabupaten Pandeglang diterima oleh Sekretaris Diskominfosatik Kabupaten Serang, Hartono pada Kamis (9/12) dan juga Kepala Bidang (Kabid) Persandian dan Statistik, Ayu Mira Kusumaningtyas, Kepala Seksi (Kasi) Persandian dan Pengamanan Informasi, Iqbal, Kasi Pengelolaan Data Center, Ratu Namira Maulina, Kasi Kepala Seksi E- Government dan Integrasi Sistem Bidang Telematika, Ekky Agushari Sumitra.

Kasi Persandian Bidang Telematika Diskomsatik Pandeglang, Suwardi menuturkan, maksud dan tujuan kunjungan kerjanya dalam rangka untuk koordinasi dan konsultasi terkait kegiatan yang ada di Diskominfosatik Kabupaten Serang.

“Terutama terkait dengan penerapan sertifikat atau tanda tangan digital, sudah sejauh mana penerapannya di Diskominfosatik Kabupaten Serang, dan koordinasi terkait telepon 112 telepon kedaruratan,” ujar Suwardi.

Kasi Tata Kelola e-Government Bidang Telematika Diskomsatik Pandeglang, Nana Mulyana menambahkan, selain tanda tangan digital pihaknya juga menanyakan sejauh mana tentang penerapan Sistem Pemerintahan berbasis elektronik atau SPBE di Pemkab Serang.

“Alhamdulillah dengan adanya kunjungan kami kesini, kami juga bisa memahami apa peran SPBE seutuhnya,” ujarnya.

Kedepan, kata Nana, nanti untuk pengembangan akan diterapkan atau diaplikasikan di Pemkab Pandeglang, hal yang pertama kemungkinan dari segi pengamanan sistem yang akan di perkuat untuk di daerah Pemkab Pandeglang.

“Mudah-mudahan dengan adanya kerjasama ini atau menjalin silaturahmi kami bisa memberikan sebuah terobosan kepada pemerintah daerah kami,” ungkap Nana.

Sementara Sekretaris Diskominfosatik Kabupaten Serang, Hartono mengatakan dengan adanya kunjungan Diskomsatik Kabupaten Pandeglang ke Diskominfosatik Kabupaten Serang diharapkan dapat saling memberikan informasi serta bertukar ilmu dalam hal pengelolaan SPBE.

“Khususnya di masing-masing, baik Pemerintah Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Serang,” ujarnya.

Kabid Persandian dan Statistik Diskominfosatik Kabupaten Serang, Ayu Mira Kusumaningtyas mengatakan bahwa Pemkab Serang melalui Diskominfosatik terus berupaya untuk meningkatkan Sistem Keamanan Informasi, salah satunya adalah dengan membangun Aplikasi Dashboard Secure Application (DSA) atau yang lebih dikenal dengan nama Sistem Keamanan Informasi Tanda tangan terpadu (SIMANIS TATU) yang tediri dari 5 modul utama.

Lima modul itu, kata Ayu, meliputi layanan tanda tangan digital, verifikasi dokumen hasil tanda tangan digital, Vulnerability Assessment, Pengelolaan APU (Alat Pendukung Utama), Persandian dan Layanan Cloud Pendukung Bimbingan Teknis.

“Sampai dengan saat ini aplikasi tersebut masih dalam tahap pengembangan ke modul selanjutnya,” tutur Ayu.(Ant)