Lebih Dari 9 Juta Pelanggar Protokol Kesehatan Selama 44 Hari Operasi Yustisi

ANTARA FOTO/Reno Esnir

Sahabat Rakyat Banten – Polri menindak 9.246.522 pelanggar protokol kesehatan selama 44 hari menggelar operasi yustisi. Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Awi Setiyono mengatakan, data tersebut dihimpun sejak 14 September sampai 27 Oktober 2020.

“Kita sudah melaksanakan operasi yustisi dan sejauh ini Polri bersama TNI, kemudian Satpol PP dan stakeholder yang lainnya melaksanakan penindakan sebagai 9.246.522 kali,” kata Awi dalam dialog daring bertajuk Liburan Aman dan Sehat, Rabu (28/10/2020).

Sanksi yang diberikan menyesuaikan dengan peraturan daerah (perda) di setiap wilayah. Awi mengungkapkan, diantara sanksi tersebut berupa denda administrasi dan hukuman kurungan bagi yang menolak denda.

“Khususnya hakim telah mengetok pelanggaran sebanyak 70.449 kali dengan nilai total Rp 4,53 miliar,” ungkap Awi.

“Ini angka juga lumayan besar yang kemudian dikirim atau dimasukan ke kas negara,” imbuhnya.

Sebelumnya, lewat Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19, Presiden Joko Widodo meminta pemimpin daerah menetapkan peraturan serta sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan. (MN)