Calon Vaksin Covid-19 Akan Tiba Di Indonesia

Vaksin Covid-19 / Foto : kompas.com

Sahabat Rakyat Banten – Tiga calon vaksin Covid-19 dikabarkan tiba di Indonesia November mendatang. Pemerintah mengonfirmasi pembelian vaksin di tiga perusahaan produsen yakni Cansino, G42/Sinopharm, dan Sinovac.

Namun ketiganya belum selesai menjalani uji klinis, sehingga masih disebut calon vaksin. Kendati demikian, calon vaksin ini rencananya segera diberikan ke masyarakat.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan Achmad Yurianto mengatakan vaksin Sinovac, CanSino, dan G42/Sinopharm telah selesai uji klinis fase 3 di beberapa negara dan mendapat izin Emergency Use Authorization (EUA) dari BPOM China.

Dilansir laman National Center for Biotechnology Information (NCBI), EUA merupakan izin penggunaan metode atau produk medis untuk mendeteksi, mencegah, atau mengobati penyakit saat kondisi darurat.

Menurut Epidemiolog Griffith University, Dicky Budiman, izin penggunaan darurat harus dikaji lebih dalam.

“Apa pun bisa terjadi. Jadi artinya penggunaan status “emergency use” itu harus sangat dipertimbangkan dan meminta masukan para ahli ya, tidak boleh sembarang dan grasa-grusu,” ujarnya.

Dicky juga menambahkan bahwa penggunaan vaksin yang belum selesai uji memiliki risiko besar.

“Kalau belum ada hasil dari riset yang tuntas, potensi efek samping tentu sangat besar. Seperti halnya yang terjadi di pandemi Swan flu 2019 lalu, yang disebut dengan scandal pandemrix yang menyebabkan narkolepsi,” kata Dicky. (MN)