CDC Amerika mengumumkan Virus Covid-19 bisa menyebar dalam jarak 1,8 meter

Foto kantor CDC (Source: Google)

Sahabat Rakyat Banten – Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menjelaskan virus corona bisa tersebar di udara dari orang yang terinfeksi berjarak 6 kaki atau sekitar 1,8 meter.

Hal ini perlu diwaspadai karena berdasarkan pengumuman pembaruan yang baru saja diunggah di situs resmi CDC pada hari Senin (5/10/2020) jika virus corona dapat tersebar dan terhirup oleh manusia lewat partikel- partikel kecil di udara.

“Pembaruan hari ini mengakui adanya beberapa laporan yang dipublikasikan yang menunjukkan keadaan terbatas dan tidak biasa di mana orang dengan COVID-19 menginfeksi orang lain yang berjarak lebih dari 6 kaki atau tak lama setelah orang yang positif COVID-19 meninggalkan suatu lokasi,” kata CDC dalam rilis dikutip dari Bloomberg pada Selasa, (6/10/2020).

Panduan baru ini hadir ketika pandemi tampaknya bergeser ke fase yang lebih darurat di AS. Di 34 negara bagian, rata-rata tujuh hari kasus baru lebih tinggi daripada sebulan yang lalu, dan wabah virus di Gedung Putih bertambah.

Pembaruan ini tidak mengubah rekomendasi CDC tentang cara melindungi dari infeksi dengan mengenakan masker, tetap terpisah 6 kaki, mencuci tangan, membersihkan permukaan, dan tinggal di rumah ketika sakit.

“Rekomendasi CDC tetap sama berdasarkan ilmu pengetahuan yang ada dan setelah tinjauan teknis menyeluruh dari panduan,” kata agensi dalam rilis berita yang dikirim kepada wartawan. (IR)