Peserta BPJAMSOSTEK Dapat Manfaatkan Aplikasi BPJSTKU Lihat Laporan JHT

Serang, – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) telah menyiapkan sebuah aplikasi dengan nama BPJSTKU yang memberikan kemudahan bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan untuk mengecek saldo Jaminan Hari Tua (JHT), atau Jaminan Pensiun
(JPn).

Aplikasi yang diperkenalkan sejak 2018 itu, bagi peserta tidak perlu repot-repot lagi datang ke kantor BPJS terdekat hanya sekedar untuk menanyakan saldo JHT, cukup melalui HP android maupun ios-nya sudah bisa mengetahui berapa saldo terakhir.

Aplikasi BPJSTKU dibekali dengan sejumlah fitur, termasuk pendaftaran kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan bagi anggota baru dan pengecekan saldo bagi penerima upah, bukan penerima upah, dan PMI yang telah ikut serta dalam program ini.

Selain itu, aplikasi BPJSTKU juga menyajikan simulasi penghitungan JHT, informasi kantor cabang, pelaporan kecelakaan kerja, dan informasi terkini soal BPJS Ketenagakerjaan.

Aplikasi BPJSTKU ini suatu cara yang mudah untuk melihat laporan Jaminan Hari Tua ataupun Jaminan Pensiun BPJAMSOSTEK, sehingga dianjurkan setiap pekerja punya aplikasi tersebut.

Aplikasi BPJSTKU ini memudahkan pekerja untuk mendowload laporan JHT-nya tanpa harus datang ke kantor, kata Kepala Kantor BPJAMSOSTEK Cabang Serang Didin Haryono di Serang, Selasa.

Dari laporan tersebut, pekerja bisa melihat saldo, rincian iuran per bulan selama tahun 2020, serta hasil pengembangan dana JHT.

Laporan ini dapat diakses dengan cara pilih menu “Lihat Saldo” pada aplikasi. Kemudian klik kartu yang ingin dilihat saldonya, klik “Informasi Dana dan Usia JHT-JP”, dan pilih “Kirim ke Email Saya”.

Berikut langkahnya:

1. Unduh aplikasi BPJSTKU yang tersedia bagi pengguna Android maupun iOS.
2. Buka aplikasi BPJSTKU dan pilih menu “PENDAFTARAN PENGGUNA BPJSTKU”
3. Pilih jenis kepesertaan Anda, misalnya PENERIMA UPAH
4. Masukkan data yang diminta, seperti nama, tanggal lahir, dan nomor KTP
5. Masukkan nomor kepesertaan yang tertera di kartu BPJS Ketenagakerjaan
6. Masukkan alamat e-mail aktif untuk keperluan verifikasi, masukkan kode yang diterima
7. Masukkan nomor ponsel aktif untuk keperluan verifikasi selanjutnya
8. Masukkan kode verifikasi yang diterima melalui SMS dan buat password untuk akun BPJSTKU

Laporan tahunan Saldo JHT akan dikirim ke email yang didaftarkan saat registrasi akun BPJSTKU.

Laporan tahunan JHT atau JP ini sudah dapat di download pada bulan Januari 2021.

Jadi untuk peserta BPJAMSOSTEK, pastikan sudah download dan registrasi akun BPJSTKU. (Ant)