Lintasarta Dukung Wujudkan “Kota Pintar” di Kabupaten Siak

Jakarta, – Lintasarta memberikan dukungan untuk mewujudkan kota pintar (smarty city) di Kabupaten Siak Provinsi Riau untuk memudahkan pemerintah setempat dalam mengambil keputusan strategis.

“Pemkab Siak kini lebih mudah dalam melakukan monitoring dan membuat program berkelanjutan terkait pariwisata, pengawasan limbah di sungai, antisipasi kebakaran hutan berbasis elektronik dan internet,” kata Lintasarta Senior Manager Central Sumatera Area, Zulfahmi dalam keterangannya, Jumat.

Lintasarta memberikan kontribusi mulai dari platform (aplikasi), smart tourism, akses Internet, dan CCTV yang terintegrasi dengan aplikasi milik pemerintah daerah.

“Di tahap awal, penerapan smart city di Kabupaten Siak fokus pada integrasi data ke sebuah platform smart city yang dinamakan “SKota Data”, serta pengembangan pariwisata melalui pembangunan aplikasi “smart tourism (berbasis android),” kata Zulfahmi.

“Dengan aplikasi ini secara umum pelayanan kepada masyarakat dapat menjadi lebih baik, masyarakat mendapatkan informasi yang bermanfaat dan berkualitas, peran serta aktif masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara semakin dirasakan,” tutur Zulfahmi.

Sedangkan menurut Lintasarta Business Director, Alfi Asman mengatakan perseroan telah membantu lebih dari 20 wilayah kota/kabupaten di Indonesia dalam membangun smart city, termasuk Kabupaten Siak.

Sebelumnya pada 13 Febuari 2020 dilaksanakan launching Siak Live Room yang dihadiri oleh Dirjen penyelenggaraan Pos dan Informatika Ahmad M. Ramli dan Bupati Siak Alfedri, serta Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah). (Ant)