Disperindagkop Serang Siapkan Data Pedagang Untuk Vaksinasi COVID-19

Serang,- Pemerintah Kota (Pemkot) Serang melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM (Disperindagkop), menyiapkan data para pedagang pasar tradisional di daerah itu untuk ikut vaksinasi COVID-19 tahap kedua yang akan dilakukan dalam waktu dekat.

“Kalau arahan dari Dinkes terkait vaksin ini kita belum menerima, tetapi kalau soal data para pedagang kita sudah siapkan. Karena bagamanapun vaksin ini penting untuk memulihkan perekonomian,” kata Kadisperindagkop Kota Serang, Ahmad Zubaidillah di Serang, Selasa.

Menurut dia, jumlah pedagang di pasar tradisional di Kota Serang itu seluruhnya ada sekitar 3.870 orang yang terbagi dari delapan kawasan, di antaranya yaitu Pasar Induk Rau (PIR), Pasar Lama, Pasar Royal, Pasar Taman Sari, Pasar Kalodran, Pasar Karangantu dan Pasar Kepandean.

Kemudian, data tersebut selanjutnya akan diserahkan kepada Dinas Kesehatan Kota Serang untuk diajukan sebagai penerima vaksin COVID-19.

“Di Pasar Rau kurang lebih ada 3.000 pedagang, pasar lama, Royal dan Taman Sari kurang lebih 400 pedagang, Pasar Kalodran kurang lebih 200 pedagang, Pasar Karangantu kurang lebih 250 pedagang dan Pasar Kepandean ada 20 pedagang,” katanya.

Meski begitu, pihaknya juga belum mengetahui apakah penyuntikan vaksin tersebut akan menyasar ke seluruh pedagang pasar atau tidak. Karena sebagian dari mereka ada yang berdomisili di luar Kota Serang.

“Banyak pedagang yang bukan warga Kota Serang, apa yang ditargetkan vaksinasi ini ke pedagang berdomisili warga kota atau bagaimana. Saya belum tahu,” ungkapnya.

Selain melakukan pendataan, pihaknya akan memberikan sosialisasi dan edukasi kepada para pedagang dan pegawai atau pun karyawan di beberapa pasar untuk ikut mensukseskan program vaksinasi COVID-19.

“Yang jelas kita siap menyukseskan program vaksinasi ini karena ini penting bagi kesehatan kita semua,” kata dia.

Seperti diketahui sebelumnya bahwa Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Serang, M Ikbal menyebutkan bahwa pada tahap kedua pemberian vaksinasi COVID-19 akan menyasar sektor pelayan publik seperti TNI/Polri, DPRD, Satpol PP, pegawai negeri sipil (PNS), Jurnalis hingga pedagang pasar serta lansia yang akan dilakukan dalam waktu dekat ini.

“Kalau untuk tahap kedua pemberian dosis vaksin, pekan ini mudah-mudahan sudah sampai ke kita. Dan sasaranya untuk petugas pelayanan publik termasuk pedagang dan juga lansia,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Serang, M Ikbal.

Ia mengatakan pada tahap kedua pemberian vaksin ini diprioritaskan bagi petugas pelayanan publik dan lansia. Akan tetapi untuk jumlah targetanya pihaknya akan menyesuaikan dengan ketersediaan vaksin. (Ant)